KONSEP SUPERVISI PEMBELAJARAN DI MADRASAH

 

Supervisi Akademik adalah Serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran  untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Supervisi Pembelajaran adalah Kegiatan pembinaan, pemantauan, penilaian serta pembimbingan dan  pelatihan profesional guru, baik pada aspek kompetensi maupun tugas pokoknya dalam membantu guru untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menganalisis, dan melakukan tindak lanjut.

Obyek Supervisi Pembelajaran
  1. Pengembangan kurikulum pada aspek pembelajaran
  2. Perbaikan proses pembelajaran
  3. Peningkatan mutu layanan pembelajaran peserta didik
  4. Pemeliharaan dan perawatan atmosfir pembelajaran di madrasah
Pendekatan Supervisi Pembelajaran
  1. Pendekatan Langsuung (Direct Contact)
  2. Pendekatan Tidak Langsung (Indirect Contact)
  3. Pendekatan Kolaboratif ((pendekatan yang memadukan cara pendekatan langsung dan tidak langsung)
Fungsi Supervisi Pembelajaran
  1. Penjaminan mutu kegiatan pembelajaran
  2. Bahan evaluasi guru untuk meningkatkan keprofesiannya dan melakukan pembelajaran yang lebih baik, kreatif dan inovatif
  3. Instrumen pendampingan guru dalam melakukan perbaikan yang berkelanjutan
Tujuan Supervisi Pembelajaran
Membantu perbaikan berkelanjutan dan peningkatan pengelolaan pembelajaran sehingga terwujud kondisi proses pembelajaran yang sebaik-baiknya di madrasah

Prinsip Supervisi Pembelajaran

Prinsip Umum
Bersifat praktis menunjang mutu atau perbaikan mutu secara berkelanjutan yaitu hasil supervisi harus menjadi sumber informasi bagi madrasah untuk melakukan pengembangan pembelajaran bermutu dan dapat menunjang implementasi kurikulum yang berlaku secara bermutu

Prinsip Khusus
1. Adaptif
2. Praktis
3. Demokratis
4. Kolaboratif
5. Konstruktif
6. Evaluatif
7. Humanis
8. Berkesinambungan
9. Manfaat

Manfaat Supervisi Pembelajaran
Memberikan informasi kepada guru tentang kelebihan dan kekurangan dalam hal :
1. Menyusun perencanaan pembelajaran
2. Melaksanakan pembelajaran
3. Menyusun instrumen
Sebagai bahan refleksi guru dalam rangka meningkatkan wawasan, kompetensi, dan profesionalitasnya

Program Supervisi Pembelajaran
Pembinaan dan pembimbingan terhadap kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian

Usaha-usaha perbaikan pembelajaran dengan teknik-teknik supervisi

Teknik Supervisi Pembelajaran
Teknik Supervisi Individu
1. Kunjungan kelas
2. Kunjungan Observasi
3. Pertemuan Individual
4. Kunjungan antar kelas

Teknik Supervisi Kelompok
1. Mengadakan pertemuan
2. Mengadakan diskusi kelompok
3. Mengadakan pelatihan
4. Mengadakan implementasi tindak lanjut hasil pelatihan guru

Ruang Lingkup Supervisi Pembelajaran
1. Perencanaan 
    Latar belakang
    Tujuan
    Manfaat/Fungsi
    Ruang lingkup
    Teknik
    Jadwal
2. Pelaksanaan 
3. Analisis Hasil
4. Tindak lanjut hasil

Selengkapnya bisa disimak melalui sematan berikut:


Atau bisa langsung didownload DISINI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama